pendirian pma

Pendirian PMA, Peluang Bisnis untuk WNA

Pendirian PMA- Menjalankan usaha dalam bentuk PT tentunya membutuhkan modal. Modal adalah salah satu instrumen yang sangat vital dalam keberlangsungan perusahaan. Berbagai sumber modal bisa didapatkan melalui para investor. Maka dari itu banyak perusahaan mencari modal dengan melakukan kerja sama dengan para investor. Suntikan modal bisa dari investor dalam negeri maupun investor luar negeri. Untuk investor luar negeri tidak bisa melakukan penyertaan modal begitu saja. Perusahaan yang bisa melibatkan sektor modal asing haruslah PT PMA. Kepanjangan PMA adalah penanaman modal asing.

PT PMA

Indonesia adalah negara yang terbuka dengan penanaman modal asing. Para Investor asing yang ingin menanamkan modal di Indonesia harus melalui PT PMA. PT PMA adalah perseroan yang sebagian atau seluruh modalnya berasal dari warga asing. Warga asing yang ingin ekspansi mendirikan perusahaan di Indonesia sangat memungkinkan, selama dapat memenuhi kriteria pendirian PT PMA. Pendirian PT PMA mewajibkan pengusaha mengikuti sejumlah prosedur tahapan dan dokumen persyaratan sesuai kebijakan yang berlaku di tanah air. Artikel ini akan memberikan ulasan berkaitan hal-hal yang perlu Anda ketahui dalam pembentukan PT PMA.

Apa itu Pendirian PMA ?

PT PMA sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya adalah badan usaha atau perseroan yang dapat melakukan aktivitas usahanya di tanah air dengan modal perusahaan berasal dari asing baik seluruhnya maupun sebagiannya.  Dengan kata lain bisa dikatakan bahwa pemilik saham PT PMA bisa warga asing keseluruhannya atau campuran warga asing dan warga Indonesia. Dari sisi peraturan, dasar hukum PMA terdapat dalam undang-undang no.25 tahun 2007.

Berbeda dengan PT lokal, PT PMA memiliki aturan pembatasan dalam hal permodalan. Aturan permodalan ini diatur dalam peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Nomor 14 Tahun 2015. Aturan tersebut menyatakan bahwa modal pendirian PMA diwajibkan memiliki nilai investasi lebih besar dari Rp10.000.000.000,00 diluar nilai tanah dan bangunan tempat perusahaan didirikan. Aturan penyertaan modal ini menjadi karakteristik PMA yang tidak ditemukan pada PT lokal. Dalam mendirikan PMA juga melalui serangkaian proses prosedur dan persyaratan administrasi. Selnjutnya akan dibahan bagaimana tahapan mendirikan PMA.

Cara Pendirian PMA

Pendirian PT PMA relatif mirip seperti pendirian PT lokal pada umumnya. Berikut tahapan prosedur pendirian PMA serta syarat pendirian PMA di Indonesia.

  1. Pembuatan akta pendirian PT melalui notaris kemudian atas akta tersebut harus disahkan lewat surat keputusan Kementerian Hukum dan HAM.
  2. Mengurus nomor induk berusaha (NIB) dan SIUP yang bisa diurus secara online melalui oss.
  3. Mengurus NPWP perusahaan. Nomor pokok wajib pajak (NPWP) diajukan pada kantor pelayanan pajak di masing-masing daerah.
  4. Untuk PMA perlu melakukan pendaftaran penanaman modal dari BKPM. Proses ini diperlukan guna dilakukan pengecekan oleh BKPM apakah bidang usaha yang akan dibangun masuk dalam daftar negatif investasi atau tidak.
  5. Mengurus izin prinsip pada BKPM. Izin prinsip ini diperlukan untuk pendirian PT PMA , dengan kata lain PT lokal tidak memerlukan izin prinsip dari BKPM.
  6. Menentukan lokasi PT berdiri. Pada pendirian PT PMA dibutuhkan lokasi kedudukan PT. Lokasi kedudukan PT harus mempertimbangkan  kebijakan persyaratan tata ruang di daerah tempat PT berkedudukan.

Syarat Pendirian PMA

Syarat pendirian perseoran dengan model PMA merupakan dokumen-dokumen wajib yang perlu Anda persiapkan dalam pembentukan PMA. Dokumen-dokumen ini berkaitan satu sama lainnya. Misalnya saat hendak mengurus NPWP maka Anda butuh menyiapkan KTP serat KK. Berikut daftar dokumen persyaratan PMA dimaksud.

  1. KTP atau Passpor pendiri PMA
  2. NPWP
  3. Akta Perusahaan
  4. SK Kemenkumham
  5. NIB
  6. SIUP
  7. SKPD
  8. Izin BKPM

Manfaat dan Kegunaan Pendirian PMA

Keterbukaan negara Indonesia bagi investor asing untuk melebarkan usaha ke Indonesia sangat terbuka. Ada beberapa keuntungan mendirikan PT PMA bagi siapapun di Indonesia, khususnya jika ditinjau dari segi aturan yang diberlakukan.

  • Kemudahan Dalam Pengurusan Perizinan

    Persyaratan dan Dokumen yang dibutuhkan untuk mendirikan PT PMA di Indonesia terbilang cukup mudah. Kemudahan persyaratan ini menjadi keunggulan tersendiri bagi   siapapun yang ingin menanamkan modal di tanah air lewat badan usaha.

  • Jangkauan Pasar yang Luas

    Indonesia merupakan salah satu dari lima besar negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Kondisi ini menjadi keuntungan tersendiri bagi investor yang ingin membuka usaha di tanah air.

  • Mudah mencari lokasi kedudukan usaha

    Di Indonesia tidaklah sulit untuk mencari tempat kedudukan badan usaha yang hendak didirikan. Anda bisa memanfaatkan virtual office, kemudian menggalakkan karyawan Anda untuk bekerja secara remote dari rumah. Pemanfaatan virtual office diakui secara legal. Anda dapat menyewa virtual office untuk tempat kedudukan perusahaan. Dengan virtual office Anda bahkan akan dibantu untuk mendapatkan izin bangunan, akta jual beli bangunan dan lainnya untuk keperluan berbagai hal dalam administrasi kenegaraan di wilayah Republik Indonesia.

  • Biaya Murah

    Biaya operasional yang Anda keluarkan dalam pengurusan PT PMA hingga gaji karyawan akan relatif lebih murah di Indonesia. Jika dibandingkan dengan beberapa negara tetangga, maka Indonesia masih unggul dari sisi biaya muarh. Biaya pengurusan berbagai administrasi perusahaan dengan menggunakan jasa pihak ketiga juga sangat murah di Indonesia.

  • Saham bisa keseluruhan dimiliki oleh asing

    Aturan kepemilikan saham keseluruhan pada PT PMA di Indonesia bisa dimiliki boleh asing. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Investor. Sebab mereka tak perlu repot-repot mencari par kotner WNI dalam hal kepemilikan saham dalam mendirikan PMA.

Karakteristik PMA

Dari uraian-uraian sebelumnya dapat kita lihat bahwa PT PMA memiliki karakteristik sebagai berikut

  • Pemodal bisa berasal dari WNI atau WNA.
  • Memiliki aturan permodalan yang sudah ditetapkan yakni 10 M diliar tanah dan bangunan.
  • Kepemilikan saham bisa seutuhnya dipegang oleh WNA
  • Harus mendapatkan izin prinsip dari BKPM

Biaya Pendirian PMA

Mendirikan badan usaha tentunya akan memakan biaya. Selain biaya Anda juga harus menginvestasikan waktu Anda untuk mengurus semua dokumen persyaratan dan mengikuti setiap tahap pengurusan pendirian PT PMA. Anda benar-benar akan sangat sibuk dalam mengurus PT PMA.

pendirian pma

Saat ini cara paling efektif untuk mengurus badan usaha baik berupa PT lokal, PT PMA, atau CV adalah dengan meminta bantuan pihak ketiga. Ada banyak pihak ketiga atau vendor yang menawarkan jasa pendirian PMA. Mulai dengan harga 5 juta Anda telah bisa mendapatkan layanan jasa pendirian PT oleh berbagai vendor di Indonesia. Salah satu vendor yang menyediakan jasa pendirian PT adalah VOJakarta. VOJakarta menyediakan berbagai paket jasa yang berkaitan dengan pembentukan badan usaha di Indonesia. Mulai dari pendirian PT, paket virtual office, hingga pendirian CV disediakan oleh VOJakarta.

Kesimpulan

Pendirian PT PMA di Indonesia sangat terbuka untuk para investor asing. PT PMA adalah perseroan yang melibatkan penyertaan modal asing baik sebagian maupun keseluruhan. Dalam pendirian PT PMA memiliki aturan khusus berkaitan dengan nominal permodalan. PT PMA yang didirikan harus memiliki nilai investasi sebesar Rp10.000.000,00 diluar aset tanah dan bangunan. Biaya pendirian PMA di Indonesia termasuk murah, Anda bahkan dengan mudah menemukan rekanan atau vendor yang dapat membantu mengurus perihal izin pendirian PT PMA dengan harga yang sangat kompetitif.

Dalam mendirikan PT PMA, diwajibkan memenuhin sejumlah dokumen dan syarat pendirian PMA serta prosedur pendirian seperti pendirian PT lokal pada umumnya. Ada syarat khsusus waktu pendirian PMA yakni diwajibkan untuk mendaftarkan penanaman modal dan  mendapatkan izin prinsip Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Mendirikan PMA di Indonesia sangat menguntungkan bagi investor. Keuntungan mendirikan PT PMA di Indonesia antara lain mudah dalam mengurus perizinan, jangkauan pasar yang luas,mudah mencari lokasi kedudukan PT, biaya murah dan kepemilikan saham PT PMA memungkinkan untuk seluruhnya dimiliki oleh para investor asing.

Demikian ulasan mengenai cara mendirikan PT PMA di Indonesia. Semoga menambah wawasan serta pengetahuan Anda dalam mengetahui tata cara dan persyaratan mendirikan badan usaha di tanah air.